OnlineKan
BisnisMu, Kembangkan PeluangMu
Suka
atau tidak suka bisnis Online sudah ada di sekitar kita. Bisnis ini ramah dengan
anak-anak muda di usia produktif. Karena secara fakta baru merekalah yang sudah
mengikuti dunia Online atau dunia maya dan bisa melihat berbagai peluangnya.
Para generasi tua atau mereka yang rata-rata diatas 50 tahunan boleh dikatakan
masih belum melek dengan dunia Online ini. Sehingga tidak heran kalau
diberbagai komunitas, masih banyak yang merasa asing atau belum “nya hok” akan
arti dan makna bisnis online ini. Bisnis seperti apakah bisnis Online itu.
Semacam apakah bisnis seperti itu? Dalam bentuk atau wujud seperti apakah
bisnis ini dijalankan?
Apakah
Bisnis Online Itu? Bisnis Online pada dasarnya sama seperti bisnis biasa dimana
kita harus menjual sesuatu. Tidak peduli jenis apa yang kita perjual belikan,
apakah jasa atau produk. Semua bisa. Bedanya, bisnis online jualannya bisa saja
di pasar atau di mall-mall, namun mereka juga hadir di dunia maya atau
internet.Jadi dengan begitu, bisnis online tak ayal adalah bisnis nyata juga.
Hanya saja, pasarnya berbeda. Jadi jika masih ada yang beranggapan bahwa bisnis
online adalah suatu bisnis cepat menghasilkan uang banyak dan kaya raya, maka
itu jelas keliru besar. Tanpa usaha nyata dibarengi dengan kemampuan berbisnis
di dunia maya, percayalah maka bisnis anda juga tidak akan bisa berhasil.
Bisnis Online bisa saja kita sebut sebagai bisnis mereka yang meng Online kan
bisnisnya.
DAPATKAN E-BOOK NYA DISINI
Kini
muncul provokasi baru Segera Onlinekan Bisnismu Or Die atau kau akan mati atau
ketinggalan zaman. Bisnis Online semakin menjanjikan, sebab bisnis online,
dengan peluang market tanpa batas, membuat pengusaha-pengusaha retail besar
& kecil mau tidak mau beralih meng ONLINE kan bisnisnya...Tahukah anda
bahwa Lazada berinvest sebesar 3,5 T utk mengonlinekan bisnisnya. Tahukah anda
bahwa Matahari mall berinvest sebesar 5,4 T untuk mengonlinekan bisnisnya?
Tahukah anda bahwa di Tokopedia.com ada 6 jutaan UMKM yang pasang Lapak dengan
jumlah produk puluhan hingga ratusan ragamnya? Tokopedia juga memperoleh
tambahan dana sebesar USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun oleh
Alibaba.com , raksasa e-commerce asal China. Belum lagi kalau kita melihat ke Amazon.com
atau ke Alibaba.com raksasa bisnis
Online yang pasarnya ada diseluruh belahan dunia.
Anda
juga punya banyak pilihan kalau mau ikutan berbisnis pada zaman ini, anda perlu
meng Online kan bisnis Anda. Anda memerlukan itu untuk lebih memperluas pasar
bisnis dan usaha anda, dan memasuki area market tanpa batas....termasuk di
dalamnya era MEA atau pasar Asean. Kalau selama ini anda masih terpukau oleh
website tradisional, maka kini saatnya. Ambil peluang dari sekarang dengan
memiliki website keren, canggih, anti mainstream, interaktif dan support di
smartphone/tablet ? Saatnya beralih dari website konvensional ke website
responsif.
Ada beberapa alasan Utama untuk memiliki website responsif : Manajemen konten website mudah dikelola; Meningkatkan popularitas pengunjung ;
Menambah traffik penjualan; Enak dan
nyaman diakses dalam smartphone/tablet;
Desain menarik dan simple ; Media promosi profil/perusahaan anda efektif
dan efisien dimanapun dan kapanpun; dan
Integrasi multimedia dan social media. Kalau anda belum juga beralih dari
sekarang, maka bisa jadi anda akan terus ketinggalan. Maknanya kian banyak
peralatan atau software baru yang membuat dunia Online menjadi lebih menarik
dan lebih kuat.
Dalam
artian harpiah, yang anda lakukan sebenarnya tidaklah susah-susah amat. Intinya
anda perlu membuka Bisnis Usaha anda di dunia maya atau dunia internet. Kalau
selama ini anda mempunyai Bengkel Mobil secara Off Line atau Bengkel
Konvensional. Maka dengan meng Onlinekannya, maka anda memerlukan karyawan yang
bisa melayani Kastomer anda lewat Online. Tetapi bagaimana Bengkel anda
berintegrasi dengan para kastomer anda tentu akan berbeda. Kalau tadinya mereka
harus datang dulu ke Bengkel lalu Tanya ini itu, maka setelah Online mereka
akan bisa memintak informasi sesuai kebutuhan mereka sebelum kemudian datang ke
Bengkel anda. Dengan demikian anda harus punya informasi yang lebih terpola dan
lebih baik yang sudah anda persiapkan sehingga bisa menjawab berbagai
pertanyaan kastomer anda, sebelum mereka datang ke Bengkel.
Menyimpan,
menyajikan informasi seperti itu, merupakan kebutuhan kastomer yang perlu
dipersiapkan secara lebih baik. Hal seperti itu membutuhkan website yang lebih
baik. Jadi kalau mereka misalnya memerlukan informasi terkait “pergantian
Dinamo starter” anda sudah punya informasi terkait persoalan dynamo starter,
kenapa dan mengapa nya dynamo itu perlu diperbaiki dan berapa lama
perbaikannya. Kalau informasi itu anda sajikan dengan menarik maka mereka akan
terkesan dan mau datang untuk memperbaiki Dinamo starter mobilnya ke Bengkel
Anda. Sebaliknya kalau website anda ternyata tidak bisa menyajikan informasi
yang mereka butuhkan. Bisa dipastikan mereka malah akan melihat Bengkel Anda
tidak bisa diandalkan.
Tetapi
kalau mereka menemukan informasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan mereka,
maka bisa dipastikan mereka akan mempunyai penilaian yang baik atas usaha
bengkel anda. Dan mereka pasti datang. Karena itu berbisnis Online memang
memerlukan pengetahuan yang berbeda dengan bisnis Off line yang selama ini kita
tekuni. Kita harus tahu betul akan produk atau jasa yang akan kita tawarkan.
Kita tahu betul akan informasi seperti apa saja yang akan berharga bagi para “pelanggan
kita” dan kita memanjakan mereka dengan informasi seperti itu. Kalau anda bisa
memahami jalan pikiran bisnis yang seperti itu dan mempersiapkannya dengan baik
maka dipercaya anda akan bisa berhasil di Bisnis Online. Anda akan lebih berhasil
jika Meng Online Bisnis Anda.
No comments:
Post a Comment